Komentar






Untuk membaca jawaban/tanggapan saya pada komentar-komentar di bawah ini, silahkan kunjungi pos bersangkutan.

KOMENTAR "FAVORIT" SAYA:


pintu jati has left a new comment on your post "Target Laba Main Saham (Bagian III)":

Hahaha ternyata gak seserem yg ditulis diblog.. stlh bbrpa buln mendalami sy bs profit 30-70% per buln.. baca buku nicolas darvas mas legenda pasar modal dg profit 28% perbuln.(itu dulu masih manual, skang Sudh online bs lebih maksimal)


Posted by pintu jati  at July 23, 2016 at 10:03 PM 


---###$$$###---





Chris has left a new comment on your post "Tanggapan Pengalaman Main Saham Mas Herlambang, Ba...":

Dear Mas Herlambang,

Salam kenal,

menarik sekali trik multi akun yang anda terapkan dan pernyataan "SAYA TIDAK RELA" untuk Cut-loss juga saya rasakan.

Kalau dari pengalaman saya, pembelian awal dr saham yg sudah dianalisis sering sekali tergocek titik cut-loss dan biasanya, saya langsung melupakan emiten tersebut dan membeli emiten lain yang kelihatannya "lebih prospek". Tak dinyana, sekitar 1-2 minggu setelah melupakannya, emiten tersebut malah beneran bullish dan sy ketinggalan kereta, karena dana sudah habis untuk belanja emiten yang lain:x

Di waktu yang lain, sering juga terjadi, PROFIT yang sudah terkumpul sedikit demi sedikit (sudah direalisasikan loh...) bisa ter-write-off seketika hanya dengan trading 1 emiten saja, karena keteledoran.

Dalam kasus saya, sy coba simpulkan:

- Kerugian (dalam masa belajar) menjadi pemicu untuk lebih banyak belajar dengan harapan bisa untung konsisten di kemudian hari, berapa pun hasilnya setiap bulan. Sejalan dengan yang diajarkan salah seorang mentor untuk "berusahalah rugi seminim mungkin, supaya bisa tetap survive main saham" ... itu, masuk akal...!!!

- Winning (biasanya dalam jumlah yang lumayan, misal ratusan ribu sampai berapa juta untuk seorang trader pemula) kadang bisa membuat lupa diri dan teledor dalam mengambil keputusan trading selanjutnya, karena "INGIN" memainkan/memiliki saham yang kita idamkan atau "INGIN" segera (langsung) memutar modal supaya menghasilkan keuntungan berikutnya..., tidak sadar kalau mungkin timing-nya salah atau berkompromi dengan trading plan.

- CUT-LOSS..., berbeda sensasinya antara modal 1 Jt, 10 Jt, atau 100 Jt. Mungkin terlalu naif, untuk berpikir dan berharap bisa untung besar dengan modal yang lebih besar. Perlu latihan otot mental untuk melihat berfluktuasinya modal kita :p
contohnya, terakhir kali bermain saham tahun 2017 dan sy biarkan saham CTRA (10 lot) yg Bearish dalam portofolio. sampai sekarang (2 tahun), walaupun sudah rebound, masih belum mencapai harga avg.buy nya. Investasi saya belum berbuah.., tapi saya cukup "beruntung" karena saham tersebut ternyata bisa rebound lagi...

coba bayangkan kalau misalnya harga saham tersebut turun 30%-70% ditambah suspend bertahun-tahun, dan jumlahnya 2000 lot...!! (dan sesungguhnya, sy masih pegang juga saham seperti itu). Sekiranya, CUT-LOSS bisa menjadi penyelamat, walau menyakitkan.... hiks..!!

- Over Analysis.., baik dalam quantity dan Quality. OVER Analisis menguras banyak waktu, pikiran dan tenaga, lagian, berapa banyak kah modal yang mau kita mainkan di pasar?

Dengan terus belajar, praktik, dan sharing-sharing dari Pak Iyan, Mas Herlambang dan rekan-rekan lainnya yang menginsiprasi, mungkin suatu saat kita bisa menemukan style kita sendiri.
sekian dahulu sharing sy.

with regards.


Posted by Chris  at July 20, 2019 at 1:11 AM






Lukas HUTAHAEAN has left a new comment on your post "Untung/Rugi Main Saham Ada Dalam Kendali Anda":

Selamat malam pak Iyan.
Selamat malam pak Herlambang.
Selamat malam semua penggemar setia blog pak Iyan.
Pengalaman saya 4,5 tahun di bisnis saham BEI.
Setelah 3 tahun saya mulai menghasilkan profit dan merasa sudah jago main saham.
January 2018 saya seyum seyum karena porto hijo.
Tapi february profit malah menrun terus aku sedih.
Untunglah bulan maret sedikit naik langsung saya cutprofit (TP).Bulan april saya baca TA saham I*M* lalu buy besok nya langsung naik gapup dan close10%.aku hold 2 minggu profit sudah 107% saya ingin profit 200%.
Tapi ada issu sell in may and go way harga saham turun menjadi profit tinggal 90% langsung saya TP.Saya off trading menganati bulan may.
Benar benar diskon merasa sudah pintar TA saya buy di suport saham B*R* dan saham B*T* tapi malah turun terus dan cutlos.
Saya panik physikology semua profit saya lenyap bahkan modal rugi 50%.Gara gara merasa jago TA tetapi tidak peka terhadap siklus 10 tahunan (1998-2008-2018) ternyata bandar bandar TP.
Benar kata pak Iyan saya harus mengikuti keinginan bandar si supir IHSG.
Terimakasih pak Iyan dari artikel2 blog bapak saya bisa belajar saham sejak 2015.
Semoga pak Iyan panjang umur dan di beri kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa.


Posted by Lukas HUTAHAEAN at June 11, 2019 at 11:14 PM







B-ton has left a new comment on your post "Cara Terbaik Belajar Main Saham":

Dear Pak Iyan . Setelah membaca block ini jadi sedikit agak pesimis masuk ke saham. namun saya penasaran sebenarnya apakah saham merupakan salah satu solusi untuk investasi? sebenarnya saya juga menemukan blog ini tidak sengaja setelah membeli buku Ellen May. dan mencari reviewnya apakah benar yang ditulis olehnya. mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan.


Posted by B-ton at June 8, 2019 at 10:13 PM





Asep has left a new comment on your post "Karakteristik Trading Plan yang Menguntungkan, Bag...":

dear pak iyan,
terima kasih telah berbagi ilmunya,
saya masih kepikiran mengenai 4 week rule ini.
saya mau kasih contoh data TLKM 10/04/2019 sampai 10/05/2019. high di 3,950 low di 3,720 dalam bingkai waktu 4 week terakhir itu, jadi kita mesti beli disaat misal di 4,000 lalu jual di 3,700, apakah itu tidak terbalik pak? atau saya yang masih gagal paham dengan penjelasan dari pak iyam, mohon jawabannya bagaimana pak, terima kasih.


Posted by Asep  at May 10, 2019 at 7:24 PM







heaven top has left a new comment on your post "Analisa Teknikal Saham Untuk Pemula, Bagian 6":

Bismillah.

Om Iyan, terima kasih atas ilmu yang telah diberikan.
Saya ada memiliki pertanyaan:

1. Analisa teknikal saham apa saja yang harus dipelajari pemula untuk dapat melakukan aksi jual-beli saham yang baik?

2. Di mana saya bisa mendapatkan referensi pembelajaran terkait analisa teknikal saham tentang harga dan OHLC?

Saya ingin mempelajari analisa teknikal dari dasar dan mendalam. Saya telah membeli buku dan e-book terkait analisa teknikal saham. Namun, menurut saya buku dan e-book tersebut masih belum menjelaskan analisa teknikal saham secara mendasar.

Mohon bantuannya,
terima kasih.


Posted by heaven top  at March 15, 2019 at 9:49 AM




nakpasek 77 has left a new comment on your post "Apakah Anda (Merasa) Sudah Terlalu Tua Untuk Belaj...":

Dear Pak Iyan..
Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas apa yang bapak ajarkan di blog ini..saya ketemu blog ini 4 tahaun lalu ketika saya baru beljar trading saham,dari blog ini saya banyak belajar tentang trading saham ,terutama tentang cutlos yang awalnya sya kira suatu yang sangat bodoh (menjual posisi pada saat rugi,kalau tidak dijual kita nga bakal rugi nanti harga pasti balik lagi ke harga pembelian)tetapi apa yg bapak terangkan ternyata benar harga turun terus dan nga balik balik haa..untuk cutloss ternyata sangat berat karena sudah rugi sangat dalam.dari pengalaman itu setiap ambil posissi trading plan harus sudanh disiapkan,setiap entry stop loss sudah dipasang otomatis guna melindungi modal kita.bagi teman 2 yang baru belajar tetep semangat dan evaluasi kesalahan .semua butuh proses tidak ada yg instant bahkan mr MINERVINI juara US Champion Investing berturut turut,6 tahun trading tdk pernah profit sebelum sukses seperti sekarang.Setiap orang punya jalur dan kecepatannya masing masing kata senior saya,akhir kata saya ucapkan terimaksih lagi buat bang Iyan pengasuh blog ini yang membuat saya masih bertahan di dunia trading saham ini walaupun belum sukses sukses amat .'TERUS BELAJAR DAN TETAP SEMANGAT'


Posted by nakpasek 77 at February 24, 2019 at 7:06 AM





Risma Milanara has left a new comment on your post "4 Tahap Pembelajaran Main Saham Nicholas Darvas (B...":

Halo om iyan, apa blog ini masi ada artikel baru lagi? Kayaknya banyka nunggu om, khususnya kelanjutan darvas box, suwun om iyan, sukses selalu


Posted by Risma Milanara at February 6, 2019 at 10:20 PM





ardi c has left a new comment on your post "Simple Moving Average atau Exponential Moving Aver...":

Aku sekarang pake ma 20 50 sm 200
Dengan tambahan trendline sebagai suport and resistance
Dengan trading dengan indikator bgt nilai porto aku sudah pelan pelan naik walaupun ms sering kena cutlos pak...
Betul yang bung iyan katakan yang pentin konsisten dan menguntungkan dalam jangka panjang...
Salam cut loss pak...


Posted by ardi c at January 27, 2019 at 6:18 AM





Wayan Angga has left a new comment on your post "Untung/Rugi Main Saham Ada Dalam Kendali Anda":

Selamat siang bung Ian
Dan Salam cut lose
Berkat artikel bung Ian saya bisa meminimalkan kerugian saya meski baru 4 bulan saya trading saham.
Saya hendak membeli buku Technical Analysis of the Financial Market by john j. Murphy tetapi saya galau apakah membeli buku versi asli atau terjemahan karena saya sedikit buta bahasa Inggris. Tolong beri saya saran bung Ian


Posted by Wayan Angga at January 26, 2019 at 9:44 AM






Gunawan Krishna has left a new comment on your post "Tahukah Anda Nilai Portofolio Saham Anda?":

Mas Iyan,
saya pernah membaca untuk investor tidak perlu setiap hari memantau nilai portfolio, beberapa bulan sekali sudah cukup. yang penting adalah memantau kondisi emiten yang kita punya. Apakah ini sudah benar? karena saya mempraktekkan ini.


Posted by Gunawan Krishna at January 7, 2019 at 11:02 AM






herlambang has left a new comment on your post "Untung/Rugi Main Saham Ada Dalam Kendali Anda":

Dear Mas Iyan

Salam hangat..

Gimana kabar, semoga sehat selalu dan senantiasa cuan selalu.

Ngga terasa udah 4 tahunan saya mengenal Mas Iyan....dan mohon maaf lama ngga komen mas, tapi kali ini pengen ninggalin jejak walaupun sekedar salam sapa saja....hehe

Tetap semangat mas dengan tulisan2 yang mencerahkan bagi kami para pemula.

Salam


Posted by herlambang at January 5, 2019 at 1:17 PM






daenuri nunu has left a new comment on your post "Untung/Rugi Main Saham Ada Dalam Kendali Anda":

Bung Iyan saya mau bertanya, apakah Bung Iyan trmasuk mekanikal trader atau discretional trader?


Posted by daenuri nunu at January 5, 2019 at 7:19 AM






Anthony Halim has left a new comment on your post "Cara Investasi Saham William O'Neill (Bagian I)":

Terima Kasih Pak Iyan, sudah menjawab pertanyaan sebelumnya.

Selanjutnya lagi ada beberapa pertanyaan. Semoga bapak tidak bosan menjawab pertanyaan pemula seperti saya. :)

1. Untuk mencari informasi mengenai EPS Quarterly selama 2 quarter terakhir dengan minimal kenaikan 25 %, sementara saya gunakan informasi dari online trading, apakah datanya cukup valid? Atau adakah sumber lainnya yang lebih bisa valid? Apa perlu langsung menuju website emiten tersebut?

2. Apakah ada semacam penyaring informasi atau aplikasi online yang bisa membantu kita untuk menyaring saham-saham yang memiliki EPS quarterly (minimal kenaikan 25 % 2 quarter terakhir)and annually (minimal kenaikan 25 % 3 tahun terakhir). Atau hematnya, membandingkan secara langsung EPS terbesar emiten-emiten saham? Kalau mencari di IDX di bagian mananya pak?

3. Mengenai new product/services yang akan meningkatkan penjualan emiten bukankah lebih baik kita memilih saham yang sektornya kita secara pribadi pahami pak?

4. Bagaimana kita mencari informasi mengenai berapa jumlah investor institusi yang sedang masuk di suatu emiten seperti di buku O'Neil?


Mohon dijawab ya pak. Thank you so much pak iyan.. :)


Posted by Anthony Halim at January 4, 2019 at 7:23 AM






nizar ardhani has left a new comment on your post "Untung/Rugi Main Saham Ada Dalam Kendali Anda":

maaf pak .. tapi BANDAR bisa mengendalikan harga saham ..ada juga yg bilang bahwa semua saham pasti ada BANDARnya .. kita sebagai ritel seperti dipermainkan sama BANDAR .. bagaimana cara mengatasi hal itu ??


Posted by nizar ardhani at December 31, 2018 at 12:20 P





'Abdullah Hasyim has left a new comment on your post "Target Laba Main Saham (Bagian IV)":

Terimakasih bangeut Pak/ Omm Master Trading saham. "Secara UMUM saham musti dijual(Cutloss) bila harganya TURUN Kebatas yang ditentukan". MasyaALLAH.. Sangat bermammfaat n saya sangat terkesan dengan ilmunya.terimakasih beribu2 terimakasih kepada yang Terhormat Pemilik Blogs Yang pemurah hati ini.

Posted by 'Abdullah Hasyim at December 27, 2018 at 10:28 PM 






nizar ardhani has left a new comment on your post "Jangan Langsung Percaya Prediksi Analis/Ahli/Pakar...":

kalo boleh tau alasannya mengapa pak iyan tidak pernah ikut forum saham ?? .. terima kasih pak atas tulisannya... tulisannya sangat bagus dan mengedukasi semoga bapak sukses selalu .. amiin ..


Posted by nizar ardhani  at December 16, 2018 at 10:29 PM








lukman has left a new comment on your post "About":

Pak ditunggu buku nya. Saya awal jg belajar fundamental PER,PBV,PEG segala macam rasio bikin pusing tp fakta nya harga banyak di goyang market maker. Saya sering kebalik beli saat pasar bearish jual saat bullish setelah baca blog bapak saya praktekan beli saat bullish jual saat bearish dan jgn ngapa2in klo pasar sedang turun. Terima kasih semoga bapak selalu di berikan kesehatan dan tetap lah menulis dan menginspirasi


Posted by lukman at December 3, 2018 at 9:06 PM






ari pitri has left a new comment on your post "Empat Komponen Harga Saham Yang Perlu Anda Ketahui...":

Pak saya mau tanya. Kebetulan saya sedang menyusun tugas akhir. Saya tertarik menggunakanpengaruh price to book value terhadap harga saham. Untuk harga saham (Y) dugunakan harga penutupannya lalu yg dimasukkan pada rumus pbv apakah harga penutupan juga?


Posted by ari pitri at November 30, 2018 at 11:52 PM







rafli ilman has left a new comment on your post "Pengaruh Gejolak Dow Jones Pada IHSG Bursa Indones...":

blog pa iyan sangat membantu utk calon2 pemain spt saya,
mau tanya pa iyan, darimana biasa nya dapat informasi mengenai ihsg dow jones nikkei sti dll setiap hari nya? apakah ada situs, majalah atau aplikasi yg pak iyam jadi kan sumber? trimakasih sebelumnya


Posted by rafli ilman at November 26, 2018 at 6:55 PM





Unknown has left a new comment on your post "Analisa Teknikal Saham Untuk Pemula, Bagian 1":

selamat pagi Pak Iyan, blog Anda sangat membantu pemula seperti Saya untuk belajar mengenai saham, saya mau bertanya pak, kira-kira anbil waktu kurun waktu berapa lama ya untuk kita menginput data harga saham tersebut?


Posted by Unknown at November 24, 2018 at 6:37 AM





Dhana has left a new comment on your post "Main Saham Tidak Pernah Rugi. Mungkinkah?":

Mungkinkah? Mana mungkin..
Menurut saya kalo ada yg ngaku2 trading gak pernah rugi, pasti orng tsb sedang membohongi dirinya dan jg orng lain.


Posted by Dhana at October 25, 2018 at 9:55 PM






setiawan_jak has left a new comment on your post "Risk-to-Reward Ratios Main Saham. Pentingkah?":

Bener tuh bung. Banyak yg masih jualan pelatihan / seminar trading saham, kalo dia bisa untung di saham ngapain cari duit dari pelatihan saham. apalagi sekarang banyak yg kasi rekomen saham berbayar lah kalo dia bisa tau saham mana yg akan naik ngapain kasih tau orang. Ujung - ujung nya nyari duit jga ya bung hehhe. Makannya saya seneng sama bung iyan ga iming - iming pasti di saham


Posted by setiawan_jak at October 25, 2018 at 3:50 PM





Erwin Sanz has left a new comment on your post "Risk-to-Reward Ratios Main Saham. Pentingkah?":

Malam pak Iyan,
Apa kabar?
Sudah lama saya sebenarnya juga ingin menanyakan tentang R/R Ratio. Akhirnya sudah dibahas di sini. Akan tetapi jadi muncul pertanyaan :
1. Pada Catatan tambahan point 2. Tahu dari mana potensi Reward suatu saham?
Memang tidak ada yang tahu pasti dan hanya menebak. Tapi menebak pun tentu ga boleh asal-asalan. Harus menjadi suatu educated guess. Kalau pak Iyan bagaimana "menebak dengan educated" besaran Reward tersebut?
2. Ada figure The Lost Expedition, tapi saya cari di artikelnya tidak disebut-sebut sama sekali (atau saya yang terlewat??). Bagaimana sebenarnya kaitan figure tersebut dengan R/R Ratio
Terimakasih sebelumnya

:-)


Posted by Erwin Sanz  at September 23, 2018 at 9:00 PM





daenuri nunu has left a new comment on your post "Risk-to-Reward Ratios Main Saham. Pentingkah?":

Trmakasih Bung Iyan, pertanyaan saya telah dimuat dalam artikel khusus. tersanjung sekali rasanya.

ada pertanyaan baru dari saya :

1. apakah target profit itu penting?
2. apakah Bung Iyan menggunakan target profit dalam trading plannya atau menganut adagium "let your profit run"?

trmkasih, salam


Posted by daenuri nunu at September 23, 2018 at 11:27 AM






bachtiar effendi has left a new comment on your post "Kuliah Apa Agar Bisa Untung Main Saham?":

Thx mas iyan, saya juga mengalami masalah yg sama bingung jawab apa setiap kali mendapat pertanyaan seperti itu, sekarang kalau ada yang tanya bakal sata kasih link tulisan ini he3
Saya fulltime trader jg seperti mas iyan sejak 4tahun lalu, sebelumnya saya kerja d salah satu perusahaan bumn, background saya teknik gak nyambung dengan trading saham he3, mulai main saham sejak 2007.


Posted by bachtiar effendi at September 11, 2018 at 10:19 AM






Dhana Yaksa has left a new comment on your post "Kuliah Apa Agar Bisa Untung Main Saham?":

Full motivasi bung.. saya suka blog bung iyan, sudut pandang tulisannya sangat original dengan Bahasa yg logis, saking bagusnya, yg ngaku2 pakar aja sampe copas bung, pakar kok copy paste ya bung hehe..
Tulisan2 bung iyan sangat memperhatikan resiko2 yg akan terjadi jika Kita mengabaikan resiko tersebut. Sebagai trader yg pernah rugi, cutlos, Dan nyangkut saya merasa kembali menemukan jalan saat baca blog ini bung hehe. Saya sudah skeptis sama orang2 yg ngaku pakar, jualan seminar Dan buku2 investasi yg ada di toko buku sana. Buat saya system trading yg paling profitable justru yg tidak terpublikasikan yak gak bung.
keep writing bung iyan


Posted by Dhana Yaksa at September 6, 2018 at 2:19 PM





setiawan_jak has left a new comment on your post "Trading Saham Cepat atau Investasi Jangka Panjang?...":

Saya pegang tcpi pak masih saya hold. Udah saya jual setengah karena kemarin udah turun 100 persen dari new high. Terus naik lagi mknnya saya jual setengah di gain 50 persen cari aman pak hehe.

Kenaapa Pak iyan gak masuk tcpi lagi pak kalo chartnya full body. Menurut saya masih uptrend maknnya saya hold.

Apa gak masuk karena udah ketinggian ya pak harganya

Makasih bung iyan salam penggemar


Posted by setiawan_jak at September 3, 2018 at 6:02 PM




zack_q2 has left a new comment on your post "Empat Komponen Harga Saham Yang Perlu Anda Ketahui...":

Siang pak,

Maaf saya newbie.. mau nanya.


Misalkan :
Saldo RDI saya 1.100.000


Saya beli saham TLKM harga per lembar 100 dan saya beli 100 lot (1.000.000)

Jadi yg harus saya bayar
1.000.000 + (0,15% fee beli sekuritas) = Rp 1.001.500

Kemudian MATCH.



- Saldo saya kan Berkurang tinggal 98.500.


DAN, saya jual saham TLKM 30 menit kemudian seharga 105.
Hitungannya =
105 x 100 = 10500 x 100(lot yg sy punya) =
1.050.000 - (0,25% fee jual sekuritas) = 1.047.375

Jadi saldo sy sekarang bertambah jadi 1.047.375 + 98.500 = Rp 1.145.875

####
Kemudian....apa sy bisa menggunakan lagi saldo tersebut utk membeli saham yg sama yaitu TLKM lagi jumlah 100 lot ?
Kemudian menjualnya lagi 1 jam kemudiam dgn mengambil profit sedikit2.
Dan seterusnya seperti itu dalam 1 hari...


Terima kasih


Posted by zack_q2 at September 3, 2018 at 1:23 PM




sium polsekbanjar has left a new comment on your post "Support & Resistance Saham: Arti, Definisi, Makna,...":

mohon maaf sebelumnya saya lupa mengenalkan diri nama saya TRIYANTO
berlanjut mas...berarti hair cut value tidak mempengaruhi ya mas...
soalnya membaca beberapa artikel saya jadi bingung dengan penjelasan hair cut

Selain itu saya juga mau bertanya...selama 2 bulan inves di saham, saat akan membeli saham saya selalu lihat harga tertinggi dan terendah saham tersebut selama 1 tahun dan kemudian saya bagi 2...
dari hasil pembagian tersebut saya jadikan patokan saat akan membeli saham tersebut...apabila diatas hasil pembagian maka saya tidak beli dan bila harga dibawah hasil pembagian maka saya beli...
menurut mas IYAN apakah cara saya tersebut sudah pas atau belum
selama 2 bulan ini saya hanya akan menjual saham yg saya miliki kalau sudah profit karena modal saya kecil..

terima kasih atas kemauan mas IYAN meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan2 saya

salam kenal dan semoga sehat dan sukses selalu


Posted by sium polsekbanjar at August 21, 2018 at 8:36 AM






indra Kurniawan has left a new comment on your post "Trading Saham Cepat atau Investasi Jangka Panjang?...":

Jangan berhenti pak tulisan pak iyan sangat membantu kami para pemula. saya baru akan memulai trading saham tetapi sy masih bingung menentukan posisi cut loss, trailing stop dan take profit idealnya hehe...


Posted by indra Kurniawan at August 6, 2018 at 8:12 AM







boy boris sirait has left a new comment on your post "Profil":

Hai Semua,

Saya ingin share metode trading saham saya, yang cocok dengan karakter saya serta pemahaman yang saya dapat dari pembelajaran serta pengalaman real selama ini.

1. Jangan pernah mencoba menjadi TUHAN - Kita tidak pernah tahu saham itu akan naik atau turun. Sadarlah, kita manusia bukan TUHAN.

2. Beli harga murah, Jual harga tinggi. Investor beli saham di Bursa Efek Indonesia adalah karena ingin untung; dia beli di harga lebih rendah dari harga jual. Artinya semua orang berharap harga saham itu naik. Meskipun ada yang berharap turun, itu karena ingin beli di harga rendah dan akan menjualnya kemudian di harga tinggi.

3. Berinvestasilah dengan "uang dingin", bukan uang yg dipakai untuk kebutuhan hidup atau dapat mengganggu keberlangsungan hidup jika uang tsb "nyangkut" di Saham.

4. Jangan Tamak atau ingin cepat kaya dari Saham. [Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia kedalam keruntuhan dan kebinasaan (1 Timotius 6:9)]

5. Berinvestasi atau beli saham dari perusahaan yg memiliki produk atau service nya dibutuhkan oleh orang banyak. Bisa perusahaan kecil, menengah atau besar serta berbagai industry.

Jadi, dari kombinasi ke-5 di atas, saya setiap trading mencoba 'abaikan' apa yg sering disebut2 orang teknikal indikator. Saya berusaha mencoba untuk disiplin saja. Yaitu setiap ada "uang dingin" yg saya miliki saya akan buy saham tersebut ketika sedang turun; dengan jarak tertentu misal turun 3-5% atau lebih, saya akan beli lagi, dst. Akumulasi rata-rata dari pembelian saham tsb, ketika ada keuntungan 5% saja, akan saya jual. Begitu seterusnya. Tidak selalu mudah, saya pun masih terus belajar agar menjadi sempurna dalam eksekusi ke-5 hal di atas.

Semoga bermanfaat.
Salam,


Posted by boy boris sirait  at August 5, 2018 at 10:21 PM






Agustin Agus has left a new comment on your post "Trading Saham Cepat atau Investasi Jangka Panjang?...":

Sekelas bang Iyan yang sudah bertahun-tahun trading saham bisa terlalu cepat menjual saham yang masih menanjak naik, apalagi saya yang baru 2 tahun. Saya jadi semakin semangat belajar trading.


Posted by Agustin Agus at August 5, 2018 at 9:40 PM






dionarea has left a new comment on your post "Trading Plan Yang Menguntungkan Dengan Indikator M...":

Salam Pak Iyan, dalam mencari saham Uptrend apa berarti kita melihat semua saham yg ada di BEI? Kalau begitu, Pak Iyan juga tidak menutup kemungkinan membeli saham dari bluechip sampai saham kelas tiga pak?

Kemudian ada screening tambahan apa pak untuk memilih saham uptrend yg layak dibeli?

Pertanyaan terakhir pak, biasanya berapa buah saham yg idealnya dimasukkan daftar watchlist?

Terima kasih atas jawabannya Pak, saya menikmati artikel2 yg Bapak tulis di blog ini

Posted by dionarea at May 24, 2018 at 4:38 AM







daenuri nunu has left a new comment on your post "Mengapa Harga Saham Naik Turun?":

Pak, kalo market sedang bearish itu bagusnya bgaimana, tetp trading seperti biasa, trading dgn lot kecil atau libur total? Dan Pak iyan sendiri bgmna mnyikapinya?
Trmkasih
Salam hormat


Posted by daenuri nunu at May 23, 2018 at 9:41 PM





arry has left a new comment on your post "Konsultasi":

Selamat Siang Pak Iyan..
Mau nanya pak... kalau kita beli saham dalam jumlah kecil..misalnya hanya 12 lot misalnya dan pas ada jadwal pembagian dividen... kita masih dapat deviden itu nggak pak? apakah uangnya langsung masuk ke rek kita atau ditahan dulu di sekuritas kita terdaftar pak?
terimakasih sebelumnya

Ari di kal-bar


Posted by arry  at May 22, 2018 at 2:04 PM





alarifaholic has left a new comment on your post "Saham yang Layak Dibeli Menurut Analisa Teknikal":

Semangat Pagi bung Iyan,
Sebelumnya saya ingin berterimakasih kepada bung iyan karena sudah membagikan pengalaman dan pengetahuannya tentang belajar saham di blog yang sangat bermanfaat ini.
Saya sudah membaca beberapa artikel di blog ini.
Dari sekian yang saya baca, saya menangkap pesan kuat dari bung iyan "beli saham ketika harga sedang NAIK, dan jual ketika harga TURUN"
Disamping itu juga pentingnya CUT LOSS, dan trading plan
Sedangkan time frame, kita sendiri yang harus menentukan
Tentu setiap pilihan time frame, akan mempengaruhi titik stop loss dan titik profit
Yang ingin saya tanyakan,
Dari pengalaman bung iyan trading saham, time-frame manakah yang lebih berpeluang memberikan profit?

Atau kalau terlalu spesifik, bisa di berikan kisarannya :)

Terimakasih


Posted by alarifaholic at May 19, 2018 at 7:49 AM







Info Menarik has left a new comment on your post "Support & Resistance Saham: Arti, Definisi, Makna,...":

Buku EM yag saya beli sudah saya kilo ke agen rongsokan,lumayan uangnya bisa beli permen buat anak saya.


Posted by Info Menarik at May 6, 2018 at 9:50 PM








Info Menarik has left a new comment on your post "Arti Istilah "Right Issue" di Bursa Saham Indonesi...":

baru tahu saya ellen may begini


Posted by Info Menarik at April 27, 2018 at 9:24 AM






Saving R has left a new comment on your post "Mengapa Harga Saham Naik Turun?":

Pak Iyan yang baik,
Terima kasih atas berbagi ilmunya..

Hanya ingin mengomentari sepertinya postingan terbaru Pak Iyan belum muncul ya..
Saya pribadi setiap kali membuka blog ini, berharap bisa membaca tulisan terbaru pak Iyan.
Saya juga “mengemis” kiranya Pak Iyan bisa menyelesaikan tulisan-tulisan tentang analisis teknikal (Analisis OHLC, Analisis teknikal untuk pemula, dst.)

Atau jangan-jangan,
Ini pertanda sebentar lagi buku Pak Iyan akan terbit?
:)
Terima kasih


Posted by Saving R at April 26, 2018 at 9:41 AM












Organic Garden has left a new comment on your post ""Teman" Ellen May Nyontek Terus Belajar Saham?":

Duh bu EM kok ga malu ya, dia yg nyontek dia yg marah. Untung kmr sy cm beli 1 judul itu.. dan ga bakalan beli lagi. Emg bener komersial dia, sy follow channel telegram aja isinya cm kulit bahkan bukan kulit, tp plastik doank, isinya suruh org join yg juta2an gitu, akhirnya sy unfollow aja.. pdhal ada grup/blog/tulisan laen gak bayar juga ada yg mau bagi ilmu.. kl sy pribadi utk ukuran buku fisik, lebih suka sama Ryan Filbert krn bahasa dia nyantai & punya style tersendiri, malah bu EM agak muter2 mnrt sy, mgk ngutip sana sini jd ga ketemu style nya kali..
Memang ilmu sy msh jauh sekali, bu em emg bener sdh praktisi yg pengalaman, tp sorry to sy masih banyak org2 yg jauh lebih qualified drpd dia kl sy mau belajar #ceritanya pembaca yg sombong nih ye hahahaha..
Say NO TO PLAGIAT!!! Ryan sendiri aja pernah mention blog pak Iyan di bukunya, heran aja emak2 yg 1 itu kenapa? Pdhal hak nya org juga hadehh.. #maaf pak Iyan sy jg emak2 jd bawel & gatal banget pengen komen lht org gitu.. ijin nguneg2 ya pak hehehe

Sy ijin nyimak blog pak Iyan terus yakk, dan brg kali pak Iyan sdh siap terbitkan buku pst sy beli, yg gratis aja kontennya bagus apalagi kl sdh jd buku..

SALAM SUKSES TERUS UTK PAK IYAN :)


Posted by Organic Garden at February 2, 2018 at 2:49 AM

No comments: