Thursday, January 13, 2011

Satu Lagi Contoh Beli/Main Saham IPO Bisa Rugi

Pada pos "Cara Main Saham IPO untuk Pemula" saya menganjurkan anda untuk tidak ikut book-building dan hanya ikut pooling IPO yang jatah book-buildingnya kurang dari 5%. Walaupun anda mengikuti kaidah ini, tidak berarti saham IPO tersebut tidak berpotensi rugi. Oleh karena itulah saya selalu mewanti-wanti agar anda menentukan titik/harga cut-loss untuk menjual saham kalau saham tersebut turun terus.

Contoh terkini adalah saham Martina Berto (MBTO). Mari kita pelajari bersama.

Data IPO MBTO adalah sebagai berikut:

Rentang Harga Book-Building: Rp 650 - 850
Harga Penawaran: Rp 740
Jatah book-building: kurang dari 5%
Jatah pooling: sekitar 1%
Tanggal listing: 13 Januari 201
Harga pada hari pertama: Tertinggi (Hi) 800, terendah (Lo) 650

Mari kita menghitung potensi kerugian saham MBTO.

Pada hari pertama transaksi, kejadian di harga 750 – 800 relatif sedikit dan hanya terjadi dalam dua menit pertama transaksi, jadi kalaupun anda langsung menjual kemungkinan terjual di harga 740.

Jadi kalau anda langsung menjual saat saham diperdagangkan, kemungkinan anda hanya impas dan masih rugi biaya transaksi. (Saya sendiri cut-loss saham MBTO di 720.)

Itu kalau anda cepat menjual di pagi hari. Kalau anda menjual di sore hari, sebelum pasar tutup, di harga 650, anda akan merugi.

Rugi dari penurunan harga:    (740-650) /740 = 12%

Total rugi = 1% (jatah pooling) x % 12%(penurunan harga) = 0.12%

Jadi kalau anda ikut pooling Rp 100 juta, anda mendapat jatah pooling Rp 1 juta dan rugi Rp 120.000.

Walau anda sudah mengikuti kaidah membeli IPO yang saya sarankan pun, kemungkinan rugi selalu ada. Tidak ada spekulasi yang sama sekali tidak beresiko rugi. Maka dari itu, selalu tentukan titik cut-loss sebelum saham mulai diperdagangkan. Bila saham turun, anda harus menjual di harga cut-loss/stop-loss yang sudah anda tentukan untuk menghentikan kerugian lebih lanjut.

Ingat: main saham IPO tidak berarti pasti untung; ada kalanya juga anda akan rugi.







Pos yang berhubungan:
[Pos ini ©2011 oleh Iyan terusbelajarsaham.blogspot.com. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.] 

No comments:

Post a Comment

Pertanyaan dan komentar anda akan saya jawab sesegera mungkin. Maaf, saya tidak menerima pertanyaan dan komentar anonim. Promosi, iklan, link, dll, apalagi hal-hal yang tidak berhubungan dengan main saham TIDAK AKAN ditampilkan.