Saturday, November 13, 2010

Cara Main Saham IPO untuk Pemula (Bagian III)

Protected by Copyscape Online Plagiarism Tool


Persiapan Sebelum Listing

Setelah trading plan, masih ada hal-hal lain yang harus disiapkan. Kalau anda memakai pialang via telepon, perkenalkan diri anda ke sang pialang. Minta nomor telepon direct dan HPnya; ungkapkan niat anda mau menjual saham IPO. Ingat: pialang manusia hanya punya dua telinga berarti hanya bisa on-line 2 telepon. Kalau anda tidak dikenal, apalagi saat saham IPO ramai ditransaksikan, si pialang mungkin tidak mau menerima telepon anda.

Alasan di atas adalah sebab utama saya menganjurkan anda membuka rekening on-line (internet) dan tidak perlu tergantung pialang manusia untuk bertransaksi. Kalau anda punya rekening on-line, pelajari dulu cara melihat harga saham dan cara memasukkan order jual. Lakukan ini sebelum listing supaya anda sudah tahu benar apa yang harus dikerjakan saat listing.

Hal berikut yang perlu anda tahu adalah kode saham tersebut. Semua saham di Bursa Efek Indonesia punya kode 4 huruf, misalnya KRAS untuk Krakatau Steel. Tanyakan kode saham IPO tersebut ke pialang anda.


Listing (Pencatatan di bursa atau hari transaksi pertama) 

Kalau proses book-building, pemesanan, dan penjatahan ibarat kehamilan, hari listing adalah hari kelahiran si bayi. Jantung anda berdegup cepat, menanti keluarnya sang bayi. 

Bursa akan dibuka jam 09:30 tapi jam 09:08 anda sudah siap di depan komputer, sudah on-line dengan server sekuritas anda. Anda sudah membuka layar Order Book dan layar Done by Stock saham anda. Detik demi detik anda hitung. Tik-tok-tik-tok.

Jam 09:30 saham mulai ditransaksikan; saham naik-turun, naik lagi terus turun lagi. Naik-turunnya harga saham membingungkan anda tapi untunglah anda sudah menyiapkan trading plan. Laksanakan rencana tersebut dengan konsisten. Kalau trading plan anda adalah jual, jual. Kalau setelah anda jual saham masih naik, jangan berkecil hati. Pemain saham berpengalaman pun sering menjual di harga rendah.

Kalau saham turun, anda juga harus konsisten dengan trading plan. Cut-loss secepat mungkin, jangan takut rugi. Kerugian ini akan tertutup oleh keuntungan dari IPO-IPO yang lain.

Jangan berbesar kepala kalau untung, jangan berkecil hati kalau rugi. Petualangan anda di dunia saham baru dimulai. Teruslah belajar.


Mau tahu prospek laba main saham IPO? Silahkan baca pos "Main Saham IPO Bisa Untung Berapa?"







Pos-pos yang berhubungan:
[Pos ini ©2010 oleh Iyan terusbelajarsaham.blogspot.com. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.] 

5 comments:

  1. Tulisan yg sangat bgs, sampai2 saya dag dig dug sendiri baca tentang Listing (Pencatatan di bursa atau hari transaksi pertama) pdhl belum punya rekening ma baru mau belajar hahaha

    Saya punya pertanyaan, kira2 berapa byk saham IPO keluar dlm 1 thn? Rencana saya mau main saham IPO dulu

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Bursa Efek Indonesia saat ini, IPO per tahun sekitar 20-30 emiten.

      Selamat mencoba saham IPO.

      Delete
  2. Halo, Pakdhe Iyan...

    Nahh.... Hari ini Selasa 2 Maret 2021 sampai 4 Maret 2021, perdana IPO suatu saham melalui e-IPO (2-4 Maret 2021 ini Masa Penawaran Umum). Sesuai saran Pakdhe, ikut saat Masa Penawaran Umum, bukan saat Masa Book Building. Rencananya, saya akan ikut. Wish us luck...

    Mohon izin, Pakdhe, menurut Pakdhe bagaimana dengan e-IPO ini? Menurut saya, terbuka luas kesempatan masyarakat untuk ikut "bermain" saham IPO, karena berbeda dengan pola IPO sebelumnya dimana hanya nasabah dari Sekuritas yang sebagai Penjamin Emisi yang bisa ikut. Begitu nggih, Pakdhe? Mohon penjelasannya, Pakdhe.

    Demikian, Pakdhe. Terima kasih. Salam...

    Badung, 2 Maret 2021

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Taufan,

      Dengan e-IPO, akses membeli saham IPO menjadi terbuka untuk SEMUA orang yang sudah punya akun saham.

      Sebelum e-IPO, anda bisa ikut beli IPO kalau anda DATANG ke gerai penawaran: ambil formulir, isi, transfer pembayaran, kasih bukti transfer. Relatif repot.

      Ditambah lagi: Dengan keharusan datang ke gerai penawaran (biasanya di Jakarta) berarti pemain saham yang tinggal di luar kota tidak bisa ikut IPO. Tidak adil kan.

      Dengan e-IPO, semua orang yang punya akun saham dan sudah registrasi di e-IPO bisa ikut IPO. (Lebih) Adil.

      Delete
    2. Terima kasih, Pakdhe, atas jawabannya...

      Delete

Pertanyaan dan komentar anda akan saya jawab sesegera mungkin. Maaf, saya tidak menerima pertanyaan dan komentar anonim/unknown. Promosi, iklan, link, dll, apalagi hal-hal yang tidak berhubungan dengan main saham TIDAK AKAN ditampilkan.