Saturday, August 9, 2014

Konsultasi Cara Membuat Trading Plan yang Menguntungkan

Kalau anda sudah main saham beberapa waktu, mungkin anda sudah sadar bahwa kalau mau mendapatkan untung konsisten dari trading ataupun investasi saham, anda harus menyiapkan Trading Plan (rencana trading).

Main sahaminvestasi ataupun tradingtanpa trading plan adalah layaknya berlayar tanpa alat navigasi: kemungkinan amat sangat kecil anda tiba dengan selamat di tujuan. Jauh lebih besar kemungkinan kapal anda menerjang karang, tenggelam, dan anda dimakan hiu.

Tapi menasehati pemula main saham membuat trading plan adalah seperti menasehati seseorang yang baru mulai belajar membaca A, B, C, untuk menulis buku.

"Gimana mau nulis buku," protes anda. "Menulis satu kata saja belum becus."

Tepat sekali.

Sebelum seseorang mulai mencoba menulis buku, ia harus lebih dulu tahu abjad A sampai Z. Setelah itu ia harus belajar arti kata, lalu mulai belajar membaca. Dari membaca, ia akan belajar contoh-contoh cara menulis kalimat yang mudah dimengerti. Dengan mempelajari kalimat-kalimat ini, lambat-laun ia akan tahu bagaimana cara merangkai kata-kata menjadi kalimat yang indah.

Demikian juga dengan belajar main saham.

Sebelum seorang pemula mencoba membuat sendiri trading plan, jauh lebih masuk akal kalau ia belajar melaksanakan trading plan menguntungkan yang sudah disiapkan pemain saham yang lebih berpengalaman. Dengan mencontoh trading plan ini, si pemula lambat-laun akan tahu dasar-dasar trading plan yang menguntungkan.

Masalah berikutnya: belajar dari mana? Apa ada orang yang rela mengajarkan anda trading plan yang menguntungkan?

Cukup banyak buku berbahasa Inggris yang menjelaskan trading plan yang dipakai si penulis. Tapi masalahnya, penjelasan trading plan ini tidak mendetil. Kalaupun ada yang detil, trading plan tersebut belum tentu cocok untuk saham di Bursa Indonesia. 

Bagaimana dengan buku berbahasa Indonesia?

Sepengetahuan saya, sampai saat ini tidak ada buku bahasa Indonesia yang membahas Trading Plan dengan detil. 

Maka dari itu saya menghadirkan Konsultasi Cara Membuat Trading Plan yang Menguntungkan.

Di konsultasi ini saya akan menjabarkan dasar-dasar membuat trading plan (berdasarkan ANALISA TEKNIKAL) yang lengkap mulai dari menentukan saham apa yang layak dibeli, menetapkan harga beli, menentukan titik cut-loss, menentukan kapan harus menjual, dan mengajarkan cara mengelola modal.

Anda hanya perlu melaksanakan Trading Plan tersebut.

(Trading Plan pada konsultasi ini sifatnya universal dan versatile sehingga bisa anda terapkan pada saham Indonesia ataupun saham di bursa Amerika Serikat ataupun bursa luar negeri lainnya.) 

Biaya konsultasi: Rp 12juta (Tidak menerima peserta baru sampai ada pemberitahuan lebih lanjut).

Jangka waktu konsultasi: 8 minggu 6 minggu.

Setiap minggu anda akan mendapatkan satu dari 4 Modul berikut: 

1. Beli Saham Apa dan Mengapa
2. Beli kapan dan di harga berapa
3. Cara menjual dan cara cut-loss
4. Manajemen Modal

Selama masa konsultasi, anda bebas berkonsultasi dan bertanya melalui email.



Konsultasi Cara Membuat Trading Plan yang Menguntungkan ini:

1. Ditujukan untuk individu yang mau BELAJAR membuat dan melaksanakan trading plan dengan Analisa Teknikal.

2. Melatih anda untuk sabar dan konsisten dalam melaksanakan trading plan.

3. Tidak cocok untuk individu yang baru mau mulai main saham. Silahkan coba main saham dulu beberapa bulan lalu pertimbangkan apakah anda perlu ikut konsultasi ini.

4. Bukan untuk individu yang bermimpi cepat kaya tanpa usaha dan tanpa kerja keras.




Syarat & Ketentuan Untuk Ikut Konsultasi Cara Membuat Trading Plan yang Menguntungkan:  

1. Anda sudah (pernah) bertransaksi (beli-jual) saham.

2. Anda sudah membaca pos "Cara Membeli Saham Untuk Pemula", "Cara Main Saham Untuk Pemula: Setelah Beli", "Cara Cut-Loss Untuk Stop Kerugian Saham", "Cara Menjual Saham Agar Profit Maksimal", "Prinsip Mendasar Analisa Teknikal (Technical Analysis)", "Analisa Teknikal Saham Untuk Pemula".

3. Anda memperkenalkan diri via email ke terusbelajarsaham@gmail.com, dengan (sedikit-dikitnya) informasi nama, usia, profesi, kota domisili, sudah berapa lama main saham, perusahaan broker yang anda pakai, bingkai waktu main saham (jangka panjang atau jangka pendek), apakah untung atau rugi selama ini, modal yang sudah dicemplungkan, dan informasi lain yang menurut anda penting untuk saya ketahui.

4. Saya berhak menolak layanan pada siapapun tanpa memberikan alasan apapun.




Disclaimer, Peringatan, dan Bantahan:

1. Konsultasi ini adalah layanan belajar membuat dan melaksanakan trading plan.

2. Walaupun saya yakin bahwa anda akan mendapatkan untung kalau anda melaksanakan trading plan yang diajarkan dengan konsisten, konsultasi ini TIDAK MENJAMIN keuntungan.

3. Semua transaksi saham beresiko rugi.

4. Semua keputusan anda dalam melakukan jual-beli saham adalah tanggung-jawab anda sendiri. Artinya, semua keuntungan yang didapat adalah hak anda; sebaliknya, semua kerugian yang anda derita adalah juga tanggung-jawab anda.

5. Saya dan blog Terus Belajar Saham TIDAK BERTANGGUNG JAWAB atas segala kerugian anda dalam bentuk apapun.




Pertanyaan Yang Mungkin Anda Tanyakan:  

Tanya: Modal main saham saya Rp 5 juta. Perlukah saya ikut konsultasi ini?
 
Jawab: Tidak.

Kalau modal anda hanya Rp 5 juta—atau bahkan kurang—tidak masuk akal menghabiskan semua modal anda untuk membayar biaya konsultasi ini.


Tanya: Kalau gitu, siapa yang sebaiknya ikut konsultasi ini?

Jawab: Menurut saya, anda patut mempertimbangkan ikut konsultasi ini kalau modal main saham anda MINIMUM 5x lipat dari biaya konsultasi ini. Artinya, kalau modal anda Rp 49 juta atau lebih, anda patut mempertimbangkan ikut konsultasi ini.

 
Tanya: Mengapa begitu?

Jawab: Kalau anda main saham dengan modal, misalkan Rp 50 juta, dan anda merugi 10% berarti anda rugi Rp 5 juta. Untuk pemula, rugi 10% adalah hal yang hampir pasti terjadi. Bahkan tidak sedikit pemula yang rugi 50% atau lebih.

Dengan ikut konsultasi ini anda akan tahu cara main saham yang benar dan bisa mencegah kerugian yang fatal.

Dengan kata lain, kalau dengan ikut konsultasi ini anda bisa mengurangi kerugian sebesar biaya konsultasi, konsultasi ini adalah investasi yang menguntungkan.

Tambahan lagi, kalau anda punya modal minimum 5x lipat dari biaya konsultasi, saya berkeyakinan tinggi bahwa dalam jangka panjang keuntungan yang anda dapatkan akan berlipat-lipat melebihi biaya konsultasi.

 
Tanya: Apakah setelah mengikuti konsultasi ini saya pasti untung?

Jawab: Seperti yang saya tulis di Disclaimer, Peringatan, dan Bantahan di atas: kalau anda menjalankan dengan konsisten Trading Plan yang diajarkan, saya yakin anda akan untung. Tapi saya tidak bisa menjamin.

 
Tanya: Kenapa tidak berani menjamin, Pak?

Jawab: Karena sukses atau tidaknya anda dalam belajar main sahamseperti belajar main gitar atau belajar main bulutangkistergantung usaha, latihan, dan kerja keras anda.

Saya bisa mengarahkan anda ke jalan yang benar, saya bisa mengajarkan, tapi anda yang harus melaksanakan.

Tanpa berlatih, berlatih, dan berlatih, tidak mungkin seseorang bisa memainkan alat musik dengan baik. Demikian juga dengan belajar saham.

Tambahan lagi, sukses atau gagal dalam bermain saham juga sangat tergantung kesabaran dan kekonsistenan anda dalam melaksanakan trading plan.

Nah, kalau anda menjamin bahwa anda akan berlatih, berlatih, berlatih, kerja keras, kerja keras, kerja keras, sabar, sabar, sabar, dan konsisten, konsisten, konsisten melaksanakan trading plan, saya berani menjamin anda akan untung.


Tanya: Kenapa jangka waktunya 8 minggu 6 minggu? Kenapa tidak mengirimkan sekaligus 4 Modul?

Jawab: Cara belajar yang baik dan efisien (menurut saya) adalah belajar step-by-step dan perlahan-lahan. Artinya, belajar modul berikutnya seharusnya dilakukan setelah anda memahami dengan baik modul sebelumnya.

Tambahan lagi: manfaat utama dari konsultasi ini adalah jasa "konsultasi"nya. Saya berikan waktu 8 minggu 6 minggu tidak hanya untuk mempelajari modul-modul yang diberikan tapi juga untuk BERTANYA dan berKONSULTASI tentang hal-hal yang kurang anda mengerti.


Tanya: Kok mahal, Pak?

Jawab: Saya akui, biaya konsultasi ini tidak murah.

Dan yang membuat mahal bukan hanya materi yang diberikan. Yang tidak kalah mahal adalah jasa KONSULTASInya karena saya harus meluangkan banyak WAKTU dan pikiran untuk mengerti kondisi anda, lalu mengarahkan anda ke arah yang benar.

Kalau dipandang dari sisi bahwa waktu luang saya tidak banyak dan saya harus meluangkan banyak waktu dan pikiran untuk konsultasi, saya merasa biaya yang saya kutip masih amat sangat murah.

Coba anda bandingkan dengan biaya seminar/pelatihan saham yang ditawarkan pihak-pihak lain yang menggembar-gemborkan diri sebagai "pakar": pakar analisa teknikal, pakar analisa fundamental, pakar candlestick, pakar option, pakar forex, pakar commodities, dan pakar-pakar lainnya baik dari dalam negeri ataupun luar negeri.

Anda diharuskan membayar sampai puluhan juta Rupiah untuk MENDENGAR ocehan mereka. (Seharusnya mereka yang mendengarkan masalah anda dan mencari solusi untuk anda.) Dan pelatihan/seminar mereka berikan secara masal (ke banyak peserta), bukan konsultasi secara pribadi, one-on-one.

Perhatikan juga bahwa jangka waktu seminar/pelatihan mereka hanya dalam hitungan beberapa jam atau beberapa hari. Setelah seminar berlalu, semangat anda mungkin menggebu-gebu, tapi sangat mungkin anda tetap saja tidak tahu harus mulai dari mana.


Tanya: Saya tertarik untuk ikut. Kapan ada diskon, Pak?

Jawab: Waktu adalah sumber daya yang tak terbarukan. Dengan berjalannya waktu berarti waktu saya di dunia ini semakin sedikit.

Nah, sesuai prinsip ekonomi, sumber daya yang makin sedikit berarti harganya akan makin mahal.

Dengan logika di atas, rencana saya adalah untuk menaikkan tarif konsultasi secara bertahap dengan berjalannya waktu. Artinya, alih-alih ada diskon, malahan tarif konsultasi ini akan semakin tinggi di masa depan.

Jadi kalau anda sudah ada NIAT untuk ikut konsultasi, sebaiknya anda lakukan sedini mungkin.

Tambahan lagi, semakin cepat anda belajar dan tahu dasar-dasar trading plan yang menguntungkan, semakin kecil biaya cut-loss yang anda derita kala anda mencoba-coba membuat trading plan sendiri. 

Kalau masih ada pertanyaan lainnya tentang jasa konsultasi ini, silahkan email saya di terusbelajarsaham@gmail.com.






Pos-pos yang berhubungan:
[Pos ini ©2014 oleh Iyan terusbelajarsaham.blogspot.com. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.] 

    15 comments:

    1. Dear Bung Iyan,

      Saya mau tanya, apakah di BEI kita bisa melakukan short selling?

      And I noticed that you used to be with IPOT, maybe you still with 'em, can I ask you about IPOT short selling system if they do have one.

      I read somewhere on the internet that short selling can be done only with a certain stock, is that true?

      I'm halfway through with Elder's book, some of his oscillator like Force Index, and Elder's Ray, are not included in ipot app, any idea where can I find them?

      I'm very grateful that your blogs help me got interested more in stock market, the way you write is simple and knowledgeable .

      Best Regards,
      ST

      ReplyDelete
      Replies
      1. Dear Sandy, terima kasih untuk pertanyaannya. Saya mohon lain kali menulis pertanyaan dalam bahasa Indonesia karena mungkin banyak pembaca lain yang kurang mengerti bahasa Inggris.

        Secara teoritis, di Bursa Efek Indonesia kita bisa short-selling. Tapi praktek lapangannya, hal ini sulit dilakukan karena prosesnya cukup ruwet dan perusahaan broker tidak tertarik menyediakan fasilitas ini. Silahkan anda tanyakan ke broker anda.

        Saya masih memakai IPOT (Indo Premier). Aplikasi charting IPOT, sampai saat ini, tidak begitu bagus.

        Menurut saya, aplikasi grafik e-Trading (Daewoo Securities) lebih bagus. Kalau saya tidak salah ingat, ada indikator Elder di e-Trading. Tapi coba anda selidiki lebih lanjut.

        Delete
      2. Terima Kasih Bung Iyan,

        Saya mengerti, karena blogger ini buat umum, saya akan menggunakan bahasa Indonesia.

        Sekali lagi terima kasih telah menulis blog ini, anda adalah inspirasi saya untuk belajar menjadi trader.

        Delete
    2. Bung Iyan, apakah boleh melakukan entry bertahap pada saat membeli saham? Krn kebiasaan saya masuk tidak sekali, tapi beberapa kali untuk mendapatkan harga average terbaik.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Entry bertahap sudah saya anjurkan di pos "Cara Membeli Saham Untuk Pemula." Silahkan baca pos tersebut (lanjutkan baca minimum sampai Bagian III).

        http://terusbelajarsaham.blogspot.com/2012/01/cara-membeli-saham-untuk-pemula-bagian.html

        Delete
    3. Dear Bang Iyan,

      Terima kasih atas sharing di blog ini, saya baru 6 bulan terjun ke pasar modal.
      untuk konsultasi trading plan ini, apakah akan ada tatap muka dg Bang Iyan, atau hanya per email saja?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Dear Bung Hari,

        Konsultasi Trading Plan ini TIDAK ADA sesi tatap muka; semua hanya dilakukan via email.

        Delete
    4. Dear pak Iyan,
      Jangka waktu konsultasi nya kan 6 weeks, sedangkan module nya ada 4, kalau tiap minggu module nya dibagikan satu per satu..lalu yg 2 weeks lagi agendanya apa ya?
      Trims

      ReplyDelete
      Replies
      1. Dear Erwin Sanz,

        Disisakan 2 minggu untuk bertanya kalau-kalau--setelah mempraktekkan hal-hal yang diajarkan--masih ada yang belum jelas.

        Delete
    5. Bung iyan ,
      Biaya konsultasi skrg brp?
      Dan apakah tidak ada via chat misal seperti WhatsApp atau yang lainnya untuk konsultasi?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Belajar yang benar tidak perlu fast response.

        Delete
    6. indikator elder apa itu pak. baru dengar saya. saya juga pake chart daewo. terimakasih bung iyan

      ReplyDelete
      Replies
      1. Seingat saya E-Trading (Daewoo Sekuritas yang sekarang ganti nama lagi menjadi Mirae Asset Sekuritas) ada indikator Elder-Ray.

        Saya tidak memakai Elder-Ray, jadi saya tidak tahu ttg indikator tersebut.

        Seingat saya juga, Elder menjelaskan tentang indikator tersebut di bukunya "Come Into My Trading Room."

        Delete
    7. Pak Iyan, kapan kira-kira ada lagi penerimaan peserta baru untuk sesi konsultasi membuat trading plan ini?. Saya mau ikut mendaftar Pak, besar harapan saya untuk di terima sebagai peserta.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Dari akhir tahun 2016 saya terpikir untuk membuka lagi Konsultasi Cara Membuat Trading Plan yang saya namakan Konsultasi Cara Membuat Trading Plan 2.0.

        Tapi sampai saat ini saya belum menemukan format yang pas. Mohon bersabar ya.

        Delete

    Pertanyaan dan komentar anda akan saya jawab sesegera mungkin. Maaf, saya tidak menerima pertanyaan dan komentar anonim. Promosi, iklan, link, dll, apalagi hal-hal yang tidak berhubungan dengan main saham TIDAK AKAN ditampilkan.