Thursday, October 25, 2018

Main Saham Tidak Pernah Rugi. Mungkinkah?

Di pos "Main Saham Cepat Kaya?", seorang pembaca, Septian Benny, bertanya:

"Mas, menurut anda apakah tidak ada investor yang tidak pernah rugi dalam bermain saham? Saya adalah pemula, apakah dengan membeli saham BUMN menjadikan saya aman dari kerugian?"


Saya rasa kekhawatiran Bung Septian Benny adalah kekhawatiran mayoritas pemula yang berniat mulai main saham. Mereka ingin main saham tapi takut rugi.

Kekhawatiran ini sangat masuk akal. Semua orang terjun main/investasi/trading saham karena pengen untung. Bukan rugi.

Jadi, mungkinkah main saham tapi tidak pernah rugi?

Figure 1. Dixit Card 03 from Dixit Revelations Board Game

Jawaban saya:

Menurut saya, TIDAK ADA investor/pemain saham yang tidak pernah rugi dalam bermain saham.

TIDAK ADA.

Tapi ini tergantung definisi anda apa yang dimaksud "rugi."

Banyak orang yang sahamnya turun menganggap belum rugi karena belum menjual.

Nah, hanya karena anda belum menjual tidak berarti anda belum rugi.

Memang, anda bisa "hold" saham tersebut dan berharap saham naik ke atas harga beli anda. Tapi kenyataan pada saat itu tidak bisa dipungkiri: saham turun dan anda rugi (kalau harus jual saat itu). Lagipula, tidak ada jaminan bahwa harga saham akan naik lagi. Bagaimana kalau kebalikannya yang terjadi: saham turun terus?

Merasa belum rugi karena belum menjual saham adalah salah satu cara pemain saham membohongi diri sendiri bahwa ia belum rugi.

Lalu, bagaimana sebaiknya?

Kalau saya sih selalu memakai harga terakhir untuk mengukur apakah posisi saya untung/rugi. Artinya, kalau harga saham turun dari harga beli, saya anggap sudah rugi. Tidak peduli apakah saham tersebut sudah saya jual atau belum.

Menjawab pertanyaan anda tentang "apakah dengan membeli saham BUMN menjadikan saya aman dari kerugian?": Membeli saham BUMN juga tidak menghindarkan anda dari kemungkinan rugi. Membeli saham apapun berpotensi rugi, tidak terkecuali saham BUMN, saham blue-chip, saham perusahaan ternama.

Yang harus dicamkan: Untung main saham artinya anda mendapat untung lebih banyak daripada rugi. Tidak berarti anda tidak pernah rugi.


---###$$$###---


Kesimpulan:

Secara faktual, (hampir) TIDAK MUNGKIN anda tidak pernah rugi saat bermain saham.

Secara psikologis, BISA SAJA anda tidak pernah rugi saat bermain saham (kalau anda menganggap saham turun belum dijual berarti belum rugi).


---###$$$###---


Informasi tambahan: sudah cukup lama saya SELALU RUGI saat main saham. Tapi nilai portofolio investasi/main saham saya naik.

Kok bisa?

Mau tahu? Silahkan lanjut baca ke pos, "Selalu Rugi tapi Nilai Portofolio Saham Naik. Kok Bisa?" [Belum terbit. Mohon berkunjung kembali.]






Pos-pos yang berhubungan:
[Pos ini ©2018 oleh Iyan terusbelajarsaham.blogspot.com. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.]

6 comments:

  1. Mantab bung iyan semangat menulisnya. Semoga bung iyan mendapatkan kebaikan dari membagi ilmu nya kepada pembaca.

    ReplyDelete
  2. Mungkinkah? Mana mungkin..
    Menurut saya kalo ada yg ngaku2 trading gak pernah rugi, pasti orng tsb sedang membohongi dirinya dan jg orng lain.

    ReplyDelete
  3. Ijin bertanya pak iyan, bagaimana cara kita menjaga psikologi diri pada saham yg sudah kita jual, tp setelah itu malah terbang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bung Dhana,

      Kalau saham sudah dijual tapi setelah itu terbang, berarti anda SALAH ketika menjual saham tersebut.

      Nah, kalau SALAH MENJUAL, berarti tindakan yang benar adalah MEMBELI LAGI. Lagipula kan tidak ada larangan kita tidak boleh membeli saham yang barusan kita jual.

      Tapi kalau setelah dibeli lagi lalu saham turun lagi?

      Kalau trading plan menyatakan harus cut-loss, berarti ya harus cut-loss.

      Delete
  4. Thx pak atas jawabannya. Untuk cutlossnya sangat benar.
    Garansi sebuah cutloss memungkinkan sya masih bisa trading dan mencari peluang esok hari.

    Lagipula misalnya cutloss minus 5%, disaham yg drop sampai 20%, adalah sebuah keuntungan jg kan

    ReplyDelete
  5. Selamat malam Pak Iyan nama Saya Joksan, saya mau mengucapkan terimakasih atas tulisan2annya yang sangat bagus, sekali lagi terimakasih banyak Pak.

    ReplyDelete

Pertanyaan dan komentar anda akan saya jawab sesegera mungkin. Maaf, saya tidak menerima pertanyaan dan komentar anonim/unknown. Promosi, iklan, link, dll, apalagi hal-hal yang tidak berhubungan dengan main saham TIDAK AKAN ditampilkan.