Tuesday, May 30, 2023

Bursa Efek Selayang Pandang

Selagi bersih-bersih, saya menemukan brosur Bursa Efek Selayang Pandang. Brosur tersebut sudah lawas, tapi isinya masih relevean untuk investor saham saat ini.

 
 
 Silahkan anda baca dan semoga bermanfaat.
 
 
 
 
Poin nomor 6, 7, dan 8 tentang "Apa yang menentukan pergerakan harga saham?" patut dicerna para pemain saham. 
 

 
 
Poin nomor 11 menyatakan bahwa anda harus mencari tahu sendiri cara bermain saham yang cocok untuk anda.


Pos-pos yang berhubungan:

[Pos ini ©2023 oleh Iyan terusbelajarsaham.blogspot.com. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.]

3 comments:

  1. Terimakasih artikel barunya pak, dari sy yg setia menunggu dan rutin mengecek artikel baru dr bapak setiap minggunya

    ReplyDelete
  2. Selamat malam pak iyan, bbrp waktu ini sy merenungkan kata2 bapak bahwa utk bermain alat musik mmg perlu utk diawali belajar teori dan dilanjutkan dgn belajar praktek setiap hari sesering mungkin sd lama kelamaan mahir dgn sendirinya.

    Dan memang benar juga durasi yg bpk sebutkan butuh waktu 4 sd 5 tahun utk bisa mulai menemukan benang merah dan mulai untung konsisten sesuai dgn psikologi masing2.

    Dalam bbrp waktu ini sy merasa mulai menemukan perasaan itu, meskipun utk keuntungan scr nominal masih sangat kecil dibandingkan dgn kerugian yg sy derita bbrp tahun kemarin. Sy nikmati prosesnya sembari melatih mental untuk berani kembali menambah modal.

    Yg ingin sy tanyakan pak :

    1. Dalam metode yg sy temukan saat ini lebih cocok utk swing dlm waktu bbrp minggu sd bbrp bulan. Namun saat sy coba utk pindah ke time frame lebih kecil agar hasilnya lebih cepat dirasakan maka hasilnya jd berantakan meskipun pada akhirnya terjadi kenaikan namun seringkali terlebih dahulu menembus support yang mana padahal saat sy pakai di timeframe besar utk swing cukup reliable. Bisakah sy mohon saran dr bpk utk masalah sy tsb?

    2. Sebagai opsi yg juga sy pikirkan bila tidak bisa sy pindah ke time frame yg lebih kecil sy ingin mencoba mencari saham swing yg sekiranya bs lebih cepat naik dr watchlist yg ada. Sehingga sy bs mengoptimalkan dana ke saham tsb dan segera beralih ke saham lain bila saham tsb sudah capai target tanpa perlu menunggu terlalu lama dalam proses menunggu keberangkatan nya. Sy sudah mencoba bbrp cara namun masih belum ketemu juga.

    Demikian pak, utk kesekian kalinya sy kembali mohon saran dan masukan lagi dari bapak. Terimakasih

    ReplyDelete
  3. Dear Unitedhooligans,

    Semua orang mau sukses instan. Masalahnya, tidak ada suskes yang instan. Kalau mau mahir sesuatu, anda perlu menghabiskan banyak waktu untuk latihan, latihan, latihan.

    Menjawab pertanyaan anda:

    1 & 2. Masing-masing time-frame punya Support dan Resistance sendiri-sendiri. Jadi, kalau anda merubah time-frame, (kemungkinan besar) Support dan Resistance juga berubah.

    Kalau anda sudah bisa konsisten untung dengan cara tertentu (misalkan pada kasus anda: dengan time-frame lebih lama), jadikanlah cara itu sebagai CASH COW untuk cari untung. Tetap lakukan itu SAMBIL mencari cara lain (misalkan dengan time-frame lebih pendek).

    Semoga membantu.

    ReplyDelete

Pertanyaan dan komentar anda akan saya jawab sesegera mungkin. Maaf, saya tidak menerima pertanyaan dan komentar anonim/unknown. Promosi, iklan, link, dll, apalagi hal-hal yang tidak berhubungan dengan main saham TIDAK AKAN ditampilkan.