Thursday, February 2, 2017

4 Tahap Pergerakan Harga Saham

Stan Weinstein di buku Secrets for Profiting in Bull and Bear Markets menyatakan bahwa ada 4 tahapan pergerakan harga saham:

Tahap 1: The Basing Area (Area Dasar)
Tahap 2: Advancing Phase (Fase Naik)
Tahap 3: The Top Area (Area Puncak)
Tahap 4: The Declining Phase (Fase Turun)

Silahkan lihat Figure 1.

Figure 1. Grafik Tahapan Pergerakan Harga Saham Menurut Stan Weinstein

Menurut Stan Weinstein, waktu paling ideal bagi investor jangka panjang untuk membeli saham adalah ketika saham naik (breakout)  dari Basing Area (Tahap 1) ke Advancing Phase (Tahap 2).

Perhatikan bahwa Stan Weinstein tidak menyarankan investor jangka panjang untuk membeli saham ketika saham bergerak datar (Tahap 1 dan Tahap 3) dan juga tidak menyarankan—bahkan melarang—investor jangka panjang membeli saham ketika saham bergerak turun (Tahap 4).

Yang disarankan Stan Weinstein adalah membeli saham ketika saham NAIK (dari Basing Area ke Advancing Phase).

Kalau anda investor jangka panjang, coba anda analisa diri sendiri: apakah selama ini anda lebih sering membeli saham di Tahap 1, Tahap 2, Tahap 3, atau Tahap 4?

Kalau hasil analisa menunjukkan anda sering membeli saham di Tahap 1, 3, atau 4, dan hasilnya rugi, coba pertimbangkan saran Stan Weinstein.






Pos-pos yang berhubungan:
[Pos ini ©2017 oleh Iyan terusbelajarsaham.blogspot.com. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.]

6 comments:

  1. Terimakasih atas kesediaan bapak untuk membuat blog yang rapi ini, saya suka cara pak Iyan menghubungkan antar post.

    Dalam postingan ini mengapa tidak dikutip sekalian bagaimana/penjelasan dari Stan Weinstein menganjurkan pembelian investasi di stage 2
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anda ingin tahu detilnya, silahkan baca buku Stan Weinstein. Lebih baik anda membaca langsung penjelasan penulis (daripada penjelasan dari saya).

      Delete
  2. Selamat malam bung iyan, saya sudah membaca beberapa postingan dari bung iyan tp saya memiliki 1 pertanyaan entah sudah dibahas atau belum saya kurang tau
    Dari aplikasi saham yg saya punya terdapat garis putus² sebagai pertengahan antara saham warna hijau dan merah, angka dari garis² tersebut ditentukan dari apa ya? Mohon penjelasan nya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya tidak mengerti "garis putus-putus" yang anda maksud. Bisa diperjelas?

      Delete
  3. Salam hormat pak iyan.. pak mohon infonya menurut bpk apakah konsep dr stan weinstein tsb jg bs diterapkan pada sistem trading yg lebih singkat drpd weekly, mis daily ato justru hourly? Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara teori, konsep Stan Weinstein bisa diterapkan pada bingkai waktu yang lebih cepat.

      Tapi semakin cepat bingkai waktu yang anda pakai, semakin SULIT meng-eksekusi Trading Plan anda dengan baik dan benar.

      Delete

Pertanyaan dan komentar anda akan saya jawab sesegera mungkin. Maaf, saya tidak menerima pertanyaan dan komentar anonim/unknown. Promosi, iklan, link, dll, apalagi hal-hal yang tidak berhubungan dengan main saham TIDAK AKAN ditampilkan.