Saturday, August 20, 2016

Resiko Kalau Tidak Pernah Mau Cut-Loss

"When you play the game of thrones, you win or you die."  - Cersei Lannister

Ketika anda bermain dalam perebutan takhta, anda menang atau anda mati.

"When you play the game of stocks, you cut-loss or you die."  - Iyan Terus Belajar Saham

Ketika anda bermain saham, anda cut-loss atau anda mati.






Pos-pos yang berhubungan:
[Pos ini ©2016 oleh Iyan terusbelajarsaham.blogspot.com. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.]

10 comments:

  1. Pak Iyan saya mau nanya, berikut data keuangan emiten MLPL : Selama beberapa tahun Gross Profit positif, Operating Profit negatif, Net Income negatif, Cashflow Operating positif, Cashflow Investing & Cashflow Financing nya negatif. Darimana perusahaan tsb mendapatkan Cashflow Operating yg positif? Apakah hasil dari penjualan aset? Mohon pencarahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear catatandunia,

      Saya sudah lama meninggalkan Analisa Fundamental. Jadi, saya merasa tidak kompeten menjawab pertanyaan anda.

      Delete
  2. Wah, bahasan Pak Iyan kali ini singkat sekali tapi sangat mengena...

    Meskipun cut loss kelihatannya mudah untuk dilakukan tapi pada kenyataanya selalu ada perasaan gamang jika kita sudah berada di depan komputer melihat harga saham kita mulai rontok antara tetap hold sambil berharap harga kembali naik atau cut loss...

    ReplyDelete
  3. Setelah saya baca sedikit2 kesimpulan saya "strategi apapun bisa menipu"
    Bang Iyan coba meraba petanya, tapi di jalan kaki (strategi) kitalah yg melangkah, sambil inget2 peta dari bang iyan biar kalau kesasar tidak terlalu jauh...

    Sori bahasaku sok tau.. padahal baru beli saham perdana Kemarin 31-sept-2016 beli dua stock yg satu langsung merah yg satu langsung hijau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak tahu inti komentar anda. Tapi, jelas sekali bahwa anda sok tau. (Baru 2x transaksi saham tapi kok mau ngajarin orang yang lebih berpengalaman.) Kalau sudah merasa diri sendiri sok tau, lebih baik simpan komentar anda.

      Delete
  4. Maksudnya Adalah....dengan belajar sistim trading dari Bang Iyan, walaupun Kita rugi dalam trading saham minimal tidak terlalu besar ( semua strategi Kita yang lakukan tetapi dengan Peta (trading) dari Bang Iyan, Kita tak akan lose terlalu besar)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalau seperti yang diperjelas Phemonix, apa yang ditulis Sam Samijan tidak bergaya sok tahu. Berarti saya yang salah mengerti. Maaf.

      Intinya: menulis dengan gaya bahasa yang sopan dan enak dibaca TIDAK MUDAH. Kalau inti permasalahan tidak dipaparkan dengan jelas, malah ada resiko menyinggung perasaan orang lain.

      Delete
  5. Saya baru ketemu blog pak Iyan ini, dan tertarik sekali reply dr bapak ini. So, sekarang bapak hanya menggunakan teknikal saja pak? Tanpa fundamental?

    Kedua, saya makin mantap terkait CL ini, karena dr beberapa grup saham yg sy ikuti, beberapa beranggapan never cut loss dg asumsi akan uptrend lagi. Terima kasih pak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah lama (belasan tahun) saya main saham hanya dengan Analisa Teknikal. TANPA analisa fundamental.

      Karena sampai sekarang saya masih bisa "hidup" dari bermain saham, itu berarti Analisa Fundamental TIDAK RELEVAN untuk saya.

      (Mohon diperhatikan: tidak relevan untuk saya belum tentu tidak relevan untuk anda. Jadi, mohon jangan langsung menarik kesimpulan.)

      Delete

Pertanyaan dan komentar anda akan saya jawab sesegera mungkin. Maaf, saya tidak menerima pertanyaan dan komentar anonim. Promosi, iklan, link, dll, apalagi hal-hal yang tidak berhubungan dengan main saham TIDAK AKAN ditampilkan.