Tuesday, March 15, 2016

Pilih Mana: Online-Trading atau Broker Manusia?

Secara umum, ada 2 cara untuk bertransaksi di bursa saham: melalui sistem online trading (discount brokerage) atau dilayani broker manusia (full-service brokerage).

Nah, mayoritas pemain saham pemula memilih bertransaksi saham via sistem online trading karena fee (biaya)-nya lebih murah dan persyaratan setoran modal awal yang lebih kecil.

Misalkan anda punya modal cukup untuk membuka akun sekuritas full-service. Pilih mana:

1. Bertransaksi saham via online trading.
2. Bertransaksi saham via broker manusia (full-service).

Silahkan memilih dengan menulis komentar.

Pos tanggapan akan saya tulis kalau sudah ada sekurang-kurangnya 25 orang memberikan pilihan.






Pos-pos yang berhubungan:
[Pos ini ©2016 oleh Iyan terusbelajarsaham.blogspot.com. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.]

17 comments:

  1. Halo pak admin, saya pengen tahu dong tentang aplikasi rumus black-scholes formula untuk mengeliminasi resiko, saya nyari di internet isinya bhs inggris yg kompleks jd msh sulit dimengerti. Kalo admin berkenan, bagi infonya boleh?? heheh. Jadi ya bs ngerti cara pake rumus black scholes nya. Trims. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari mana anda mendapat ide bahwa rumus Black-Scholes adalah untuk mengeliminasi resiko?

      (Rumus Black-Scholes memang kompleks.)

      Delete
  2. Saya pilih bertransaksi via online trading.

    Alasannya? saya bekerja di kantor. Menurut etika dan peraturan, aktivitas selain berhubungan dengan pekerjaan dan menimbulkan pekerjaan menjadi tidak effektif dan effisien tidak diperbolehkan. Dengan bertransaksi via online, saya bisa memasang saham yang hendak kita jual atau beli saham secara langsung sebelum berangkat ke kantor.

    Kekurangan menggunakan broker manusia, saya harus banyak komunikasi lewat sms / telp / chatting saat jam kantor untuk jual beli. Hal ini bisa mengganggu pekerjaan dan lingkungan kantor.

    Sekian pendapat dari pemula, Pak.


    Salam kenal dan semangat berkarya Pak Iyan

    -Yenny-

    ReplyDelete
  3. online trading.. menurut saya internet skrg ini mudah d dapat informasi pun melimpah ilmu jadi berkeliaran..so lebih baik dilakukan sendiri saja..artikelnya mantep buat pemula sprti saya thx.

    ReplyDelete
  4. sy pilih trading saham online karena lebih mudah, murah dan menambah ilmu trading saham karena dilakukan sendiri.

    ReplyDelete
  5. Saya pilih online trading. Karena saya anggap real time dan menghindari risiko akibatnya manusia ketiga yang salah pencet angka.

    ReplyDelete
  6. via broker... biar dapat konsultasi.

    ReplyDelete
  7. lebih pilih online, bs dilakukan di mana saja, lebih murah.

    ReplyDelete
  8. saya pilih online trading bung (karena saya sendiri juga pake online :-D ) lebih cepat, efisien, data real time, fee ringan, bisa transaksi dimana saja, dll. Kalau untuk masalah konsultasi saham apa yg track record nya bagus, saya kira masyarakat kita sudah cukup cerdas dan bijak ya untuk menentukan apa yang akan dibeli ataupun dijual :-) terima kasih.

    ReplyDelete
  9. Trading sendiri dengan OLT karena kesibukan kerja tidak memungkinkan melakukan call dengan broker, kalau input sendiri dengan OLT bisa dilakukan di sela waktu sebelum dan saat istirahat.

    ReplyDelete
  10. saya pilih via online trading,selain lebih murah juga lebih fleksibel meskipun kita harus banyak belajar cari tahu sendiri tentang saham tersebut,jika menggunakan bantuan broker sdh tentu akan dbantu konsultasi namun akan membutuhkan waktu untuk pengambilan keputusan,dan lagi belum masalah waktu.jadi saya pilih via trading online

    ReplyDelete
  11. Persis yang aku alami sekarang,bingung mau pilih online atau full-service.
    Tapi dengan kondisiku sbg NEWBIE di dunia saham,modal cukup tapi tidak sedang bekerja a.k.a pengangguran,punya deposito tp tidak mau mencukupi kebutuhan sehari2 dari bunganya & merasa perlu SEGERA punya 'penghasilan' untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari & kembali menabung,aku cenderung pilih full-service.Dengan asumsi bisa meminimalkan resiko kerugian & memaksimalkan peluang profit.

    ReplyDelete
  12. kalo saya pasti pasti pilih broker manusia. slain bisa tanya2, bisa konsul, dan bisa sambil belajar dari si broker. kalau ada apa2 bisa nanya sama si broker :)

    ReplyDelete
  13. apa poll ini masi di buka?

    saya vote (dan menggunakan) online trading, dengan pengalaman ayah saya yg memakai broker manusia ada saat saatnya "dipaksa" untuk membeli suatu saham (iya kalau untung, akhirnya stuck malah bearish), mungkin karena kejar target komisi.

    *disclaimer : tidak semua broker manusia seperti itu, ini menurut pengalaman saja

    ReplyDelete
  14. online, biaya lebih kecil, modal lebih kecil, dan flexible time even info kurang updated,

    ReplyDelete
  15. Online , karena simple dan bisa bermodal kecil..

    ReplyDelete

Pertanyaan dan komentar anda akan saya jawab sesegera mungkin. Maaf, saya tidak menerima pertanyaan dan komentar anonim. Promosi, iklan, link, dll, apalagi hal-hal yang tidak berhubungan dengan main saham TIDAK AKAN ditampilkan.