Tuesday, February 11, 2014

Konsultasi Trading Plan Saham: Setelah Beli

Setelah anda membeli saham, tahukah anda apa langkah selanjutnya yang harus anda lakukan?

Hampir semua pemula berpikir bahwa langkah selanjutnya adalah MENUNGGU saham naik.

Bagaimana kalau tidak naik? Kalau tidak naik, ya tidak perlu dijual. Kalau turun? Ya tunggu sampai naik. Kalau masih terus turun? Ya terus tunggu sampai naik.

Oke, kalau saham naik, bagaimana? Tunggu naik lebih banyak. Kalau sudah naik lebih banyak? Tunggu naik LEBIH banyak lagi. Kalau setelah itu turun? Ya tunggu sampai naik lagi. Kalau masih turun? Tetap tunggu naik. Kalau masih terus turun? Ya terus tunggu sampai naik.

Lah?

Tidak heran toh kalau mayoritas pemain saham rugi. Bahkan tidak sedikit juga yang modalnya habis.

Nah kalau begitu, apa langkah berikut setelah membeli saham?

Langkah berikut setelah membeli saham tergantung apa yang terjadi pada saham yang anda beli. Dan yang mungkin terjadi ada tiga:

  1. Setelah anda beli, saham naik.
  2. Setelah anda beli, saham turun.
  3. Setelah anda beli, saham (relatif) tidak naik tidak turun.

Dengan adanya 3 kemungkinan, berarti anda harus menyiapkan langkah selanjutnya untuk 3 kemungkinan ini. Langkah-langkah inilah yang saya namakan Trading Plan (Rencana Trading) Setelah Beli. Bagaimana cara menyiapkan Trading Plan Setelah Beli ini sudah saya jelaskan di pos "Cara Main Saham Untuk Pemula: Setelah Beli".

Masalahnya, sebagai pemula sangat mungkin anda mengalami kesulitan dalam membuat Trading Plan ini. Mungkin juga anda sudah bisa membuat Trading Plan lengkap, tapi anda tidak yakin dengan keabsahan Trading Plan tersebut.

Nah, untuk membantu anda mengatasi masalah ini, saya membuka konsultasi premium menyiapkan Trading Plan untuk saham yang sudah anda beli. Konsultasi Trading Plan Setelah Beli ini dilakukan via email, berlaku untuk semua saham di Bursa Efek Indonesia.

Bagaimana cara kerjanya?

Anda mengirimkan email ke saya dengan menyebutkan nama saham yang sudah anda beli. Setelah bursa saham tutup pada hari itu, saya akan mengirimkan email Trading Plan untuk saham tersebut. Trading plan tersebut mencakup titik cut-loss, harga jual, trailing-stop dan target harga, dan batas waktu.

Anda bisa memakai Trading Plan itu apa adanya, atau anda bisa juga menyesuaikan Trading Plan itu sesuai kondisi anda. Intinya, anda sudah tahu apa yang harus dilakukan. Tap harus diingat bahwa anda yang bertanggung-jawab atas pelaksanaan Trading Plan tersebut.


Biaya konsultasi:

Rp 2.500.000  5.000.000 anda mendapat 10 kupon dengan masa berlaku 1 bulan; 1 kupon berlaku untuk 1 Trading Plan. Artinya, dalam 1 bulan anda berhak mendapatkan 10 Trading Plan. 

Layanan konsultasi ini sudah dimulai pada tanggal 01 April 2014 dan untuk saat ini tempat sudah penuh. Kalau anda ingin bergabung, silahkan email untuk dicatat dalam waiting-list.



Konsultasi Trading Plan ini:

1. Ditujukan untuk individu yang mau BELAJAR cara menyiapkan Trading Plan.

2. Bertujuan melatih anda untuk terbiasa SELALU menyiapkan Trading Plan.

3. Memberikan contoh Trading Plan dengan harapan di masa depan anda bisa menyiapkan sendiri Trading Plan.

4. Tidak cocok untuk individu yang baru mau mulai main saham. Silahkan coba main saham dulu beberapa bulan lalu pertimbangkan apakah anda perlu ikut konsultasi ini.

5. Sama sekali TIDAK MENJAMIN anda akan untung (walaupun anda melaksanakan Trading Plan yang disiapkan). Karena tujuannya adalah belajar, malahan hampir pasti anda akan rugi.

6. Bukan untuk individu yang bertujuan untuk cepat kaya dari bermain saham.



Syarat & Ketentuan Untuk Ikut Konsultasi Trading Plan:

1. Anda sudah (pernah) membeli saham.

2. Anda sudah membaca pos "Cara Main Saham Untuk Pemula: Setelah Beli", "Cara Cut-Loss Untuk Stop Kerugian Saham", "Cara Menjual Saham Agar Profit Maksimal." 

3. Anda memperkenalkan diri via email ke terusbelajarsaham@gmail.com, dengan (sedikit-dikitnya) informasi nama, usia, profesi, kota domisili, sudah berapa lama main saham, perusahaan broker yang anda pakai, bingkai waktu main saham (jangka panjang atau jangka pendek), apakah untung atau rugi selama ini, modal yang sudah dicemplungkan, dan informasi lain yang menurut anda penting untuk saya ketahui.

4. Karena konsultasi ini adalah layanan eksklusif one-on-one, saya hanya bisa menerima peserta dengan jumlah terbatas. Begitu tempat yang tersedia sudah penuh, pendaftar baru bisa ikut HANYA KALAU ada peserta lama yang mengundurkan diri.

5. Saya berhak menolak layanan pada siapapun tanpa memberikan alasan apapun.



Himbauan:

Karena layanan ini tujuannya adalah belajar, saya menyarankan semua peserta untuk memakai hanya SEBAGIAN KECIL dari total modal  dan sebaiknya tidak lebih dari Rp 10.000.000. 



Disclaimer, Peringatan, dan Bantahan:

1. Konsultasi Trading Plan ini adalah layanan memberikan informasi dengan tujuan membantu anda belajar membuat sendiri Trading Plan saham.


2. Jasa konsultasi Trading Plan ini TIDAK MENJAMIN keuntungan. Bahkan, karena sifatnya adalah BELAJAR, hampir pasti anda akan rugi.

3. Semua transaksi saham beresiko rugi.

4. Semua keputusan anda dalam melakukan jual-beli saham, dengan atau tanpa Trading Plan yang saya siapkan, adalah tanggung-jawab anda sendiri. Artinya, semua keuntungan yang didapat adalah hak anda; sebaliknya, semua kerugian yang anda derita adalah juga tanggung-jawab anda.

4. Saya dan blog Terus Belajar Saham TIDAK BERTANGGUNG JAWAB atas segala kerugian anda dalam bentuk apapun.




Pertanyaan Yang Mungkin Anda Tanyakan:

Tanya: Kok mahal, Pak?

Jawab: Layanan ini adalah layanan eksklusif one-on-one. Karena sifat yang eksklusif ini, biaya yang saya kutip di atas termasuk murah karena saya perlu waktu cukup lama untuk menyiapkan Trading Plan KHUSUS untuk saham anda. Ini berbeda dengan layanan rekomendasi saham yang merekomendasi saham yang SAMA ke SELURUH pelanggan. Artinya, rekomendasi untuk anda sama persis dengan rekomendasi untuk 10 atau 100 atau bahkan 1000 pelanggan lainnya.

Layanan sama-rata ini ibaratnya anda berobat ke Puskemas; layanan saya ibaratnya anda berobat ke klinik spesialis. Anda bisa sembuh berobat ke Puskesmas ataupun ke klinik spesialis. Tapi di klinik spesialis anda mendapatkan layanan eksklusif khusus untuk anda.

Harapan saya, setelah mengikuti konsultasi ini 6-12 bulan anda sudah bisa membuat Trading Plan sendiri dan tidak perlu melanjutkan konsultasi ini.



Tanya:  Mengapa cuma 10 Trading Plan per bulan?

Jawab: Tujuan layanan ini adalah agar anda BELAJAR main saham dengan Trading Plan yang jelas. Menurut pengalaman saya, melaksanakan 10 Trading Plan dalam sebulan sudah cukup banyak untuk pemula.

Ingat: tujuannya adalah BELAJAR, dan anda perlu waktu agar pelajaran tersebut meresap ke otak anda.



Tanya: Kalau untuk investasi, apakah 10 Trading Plan tidak kebanyakan?

Jawab: Untuk investasi, mungkin saja 10 Trading Plan dalam sebulan terlalu banyak.

Tapi saya ulangi sekali lagi: layanan ini adalah untuk BELAJAR membuat Trading Plan. Setelah anda BISA membuat Trading Plan, anda bisa menerapkan Trading Plan di bingkai waktu investasi anda (jangka pendek maupun jangka panjang).

Kalau anda belajar main gitar, berlatih 10 jam per bulan akan membuahkan hasil lebih cepat daripada berlatih 1 jam per bulan.

Demikian juga dengan belajar Trading Plan. Kalau anda berlatih hanya 1 Trading Plan per bulan, anda perlu 60 bulan untuk melaksanakan 60 Trading Plan. Kalau anda berlatih 10 Trading Plan per bulan, anda akan menyelesaikan 60 Trading Plan dalam 6 bulan.



Tanya: Ada contoh Trading Plannya seperti apa?

Jawab: Anda mengirimkan email dengan data saham yang sudah anda beli, harga beli, tanggal beli, lot beli. Misalkan email anda: 10 Feb Beli PGAS 4900; 5 lot.

Saya akan membalas: Cut-Loss 4650, Target Harga I 5100. Kalau Target Harga I tercapai: jual setengah, lalu naikkan Cut-Loss (Trail Stop) ke 4900. Target Harga II 5300. Batas Waktu: 10 hari.



Tanya: Kalau saya belum beli saham, boleh gak tanya rekomendasi saham?

Jawab: Layanan ini BUKAN layanan rekomendasi saham. Anda sendiri yang harus memilih saham yang anda mau beli.



Tanya: Tapi kalau misalkan saya tertarik membeli saham A tapi belum beli. Boleh gak saya tanya rekomendasi bapak untuk saham tersebut?

Jawab: Sekali lagi, layanan ini BUKAN layanan rekomendasi saham. Tapi anda BOLEH menanyakan Trading Plan untuk saham yang menarik perhatian anda.

Kalau anda menanyakan saham tertentu, saya MENGANGGAP anda sudah membeli saham tersebut. Nah, dari Trading Plan yang saya balas ke anda, anda bisa putuskan sendiri apakah saham tersebut cukup menarik untuk dibeli.

Kalau saham yang anda tanyakan sangat berpotensi rugi, saya akan menambahkan himbauan: HINDARI SAHAM INI UNTUK SAAT INI.

(Selama konsultasi saya akan membimbing anda memilih saham-saham yang menurut sayalebih prospektif. Tapi tetap saja anda yang harus memilih sendiri saham yang anda mau beli.)



Tanya: Kalau saya sudah mengikuti ajaran bapak di pos "Cara Main Saham Untuk Pemula: Setelah Beli", "Cara Cut-Loss Untuk Stop Kerugian Saham", "Cara Menjual Saham Agar Profit Maksimal", dan sudah bisa membuat Trading Plan, apakah masih perlu ikut layanan ini?

Jawab: Kalau anda sudah BISA membuat Trading Plan sendiri, anda TIDAK perlu ikut layanan ini.

Tapi saya memakai indikator tersendiri untuk menentukan titik cut-loss, target harga, trail stop, batas waktu. Jadi, kemungkinan besar Trading Plan yang saya siapkan tidak sama dengan Trading Plan yang anda siapkan.



Tanya: Misalkan saham yang saya beli naik dan terjual di Target Harga I. Lalu saya pake Trail Stop dan Trail Stop saya tercapai dalam bingkai target waktu. Kalau saya menanyakan Trading Plan selanjutnya, apakah kupon dipotong?

Jawab: Ya, kupon dipotong karena 1 kupon berlaku untuk 1 Trading Plan. Lagipula, kalau posisinya sudah untung, sebaiknya anda BELAJAR melanjutkan sendiri Trading Plan tersebut.


Kalau masih ada pertanyaan lainnya tentang jasa konsultasi ini, silahkan email saya di terusbelajarsaham@gmail.com.






Pos-pos yang berhubungan:
[Pos ini ©2014 oleh Iyan terusbelajarsaham.blogspot.com. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.] 

    No comments:

    Post a Comment

    Pertanyaan dan komentar anda akan saya jawab sesegera mungkin. Maaf, saya tidak menerima pertanyaan dan komentar anonim/unknown. Promosi, iklan, link, dll, apalagi hal-hal yang tidak berhubungan dengan main saham TIDAK AKAN ditampilkan.