Saturday, December 9, 2017

Buku Pertama Belajar Analisa Teknikal

Di pos "Belajar Analisa Teknikal atau Analisa Fundamental?" saya menyarankan anda (yang bingung memilih belajar Analisa Teknikal atau Analisa Fundamental) untuk memilih belajar mendalam Analisa Teknikal.

Misalkan anda berniat belajar mendalam Analisa Teknikal. Bagaimana caranya?

Di pos "Cara Terbaik Belajar Main Saham" saya menyatakan bahwa cara terbaik belajar main saham adalah dengan membaca buku main saham yang ditulis penulis berkualitas.

Nah, kalau anda serius ingin belajar Analisa Teknikal, saran saya untuk anda adalah: beli (hard copy/buku cetak) dan baca buku Technical Analysis of the Financial Market yang ditulis John J. Murphy.

Figure 1. Sampul Depan Buku John J. Murphy Technical Analysis of the Financial Markets


Mengapa buku Technical Analysis of the Financial Market?

Karena buku ini membahas Analisa Teknikal dari dasar sehingga pembahasannya (relatif) mudah dimengerti oleh orang yang baru belajar Analisa Teknikal.


Mengapa harus beli hard copy? Bukankah e-book juga sama?

Ada beberapa alasan:

1. Belajar Analisa Teknikal berarti banyak melihat grafik. Melihat grafik berarti anda harus membolak-balik buku ke halaman grafik tersebut berada. Kalau anda pernah melakukan hal ini dengan hard-copy (buku cetak) dan e-book (buku elektronik), anda tahu bahwa membolak-balik halaman di e-book tidak semudah dan senyaman di buku cetak.


2. Ilmu yang anda dapat adalah sebanding dengan "biaya" yang anda keluarkan. Tebakan saya, alasan utama anda-anda yang memilih e-book adalah karena anda berniat mencari dan men-download GRATIS buku tersebut. (Kalau anda bersedia membayar harga e-book resmi, sebaiknya anda beli hard copy saja.)

Kalau anda download GRATIS, saya rasa anda akan TIDAK atau KURANG menghargai buku tersebut karena "biaya" yang anda keluarkan (hampir) nihil. Karena anda kurang menghargai buku tersebut, ilmu yang anda dapatkan akan sesuai dengan "biaya" yang anda bayar. Artinya, karena anda tidak bayar apa-apa, ilmu yang anda dapatkan juga tidak banyak.

Tambahan lagi, kalau anda download GRATIS, kemungkinan besar anda tidak akan membaca buku tersebut. Coba tanyakan pada diri anda sendiri, berapa banyak buku yang anda download gratis tapi tidak pernah anda buka 1 halaman-pun?


---###$$$###---


Jadi, kalau anda SERIUS ingin belajar Analisa Teknikal, beli hard-copy buku Technical Analysis of The Financial Market dan baca dari halaman pertama sampai halaman terakhir.






Pos-pos yang berhubungan:
[Pos ini ©2017 oleh Iyan terusbelajarsaham.blogspot.com. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.]

3 comments:

  1. Lebih baik beli buku versi aslinya atau terjemahan pak Iyan? Makasih sarannya...

    ReplyDelete
  2. Kalau bisa, SELALU beli buku versi aslinya.

    ReplyDelete

Pertanyaan dan komentar anda akan saya jawab sesegera mungkin. Maaf, saya tidak menerima pertanyaan dan komentar anonim. Promosi, iklan, link, dll, apalagi hal-hal yang tidak berhubungan dengan main saham TIDAK AKAN ditampilkan.